Connect with us
Tech News

4 Keunggulan Sony RX100 VI, Kamera Mungil Seharga Rp17 Juta

Sony secara resmi telah memboyong kamera kompak terbarunya, RX100 VI ke pasar Indonesia. Dibanderol seharga hampir 17 juta, apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh Sony?

Updated

Pasar kamera di Indonesia masih dianggap potensial oleh Sony. Itulah sebabnya, Sony pada tanggal 27 Juli 2018 kembali membuat kejutan dengan menghadirkan Sony RX100 VI, kamera ringkas yang masuk ke dalam lini Cyber-shot RX100 series.

Disebutkan oleh Kazuteru Makiyama, President Director Sony Indonesia di sela-sela peluncuran RX100 VI bahwa kamera kompak ini bisa jadi pilihan yang ideal untuk penyuka traveling. Tak hanya itu, kamera ini juga cocok bagi vlogger untuk menciptakan konten yang berbobot.

Model terbaru ini juga dilengkapi dengan sensor gambar 20.1 MP 1.0-type stacked Exmor RS CMOS dan pemroses gambar BIONZ X yang telah ditingkatkan dengan front-end LSI. Hasilnya, waktu proses gambar bisa lebih cepat dan kualitasnya terlihat lebih optimal.

Apakah hanya itu yang ditawarkan oleh Sony ke dalam RX100 VI? Tentu saja tidak. Serangkaian fitur menarik juga turut dibenamkan oleh Sony ke dalam kamera seharga hampir Rp17 juta ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Lensa zoom 24-200mm

Sony RX100 VI telah dilengkapi dengan lensa ZEISS Vario-Sonnar T 24-200mm dengan bukaan f/2.8 – f/4.5 yang menggabungkan jarak fokal 24-70mm dan 70-200mm. Hal ini dapat dilakukan berkat desain unik dua elemen gelas asferis ED dan delapan elemen lensa asferis, termasuk empat lensa AA.

Lensa terbaru RX100 VI yang mempertahankan bukaan yang besar pada keseluruhan tingkat pembesaran, memastikan foto portrait dapat diciptakan dengan defokus latar belakang yang indah. Selain itu, subjek yang bergerak cepat juga dapat tertangkap dengan fokus yang jelas tanpa blur

Sementara itu, lensa juga telah dilengkapi dengan stabilisasi gambar Optical SteadyShot yang setara dengan kecepatan shutter 4.0-stop. Hal ini dapat membantu untuk untuk menghindari gerakan kamera atau foto blur bahkan pada kondisi low-light atau pembesaran telephoto.

AF Super cepat

Kamera kompak terbaru besutan Sony ini juga memperkenalkan Fast Hybrid AF, yang memungkinkan kamera untuk mengunci focus dalam waktu 0,033 detik. Sistem AF ini menggabungkan keunggulan 315 titik deteksi AF fase bidang lokal yang mencakup hampir 65% dari sensor dan deteksi-kontras AF.

Sony juga melengkapi RX100 VI dengan High-density Tracking AF, ini mengkonsentrasikan titik AF disekitar subjek untuk meningkatkan pelacakan dan akurasi fokus. Teknologi Eye AF juga telah tersedia untuk meningkatkan performa pelacakan hampir 2x lipat dibandingkan model RX100 sebelumnya.

Ada juga dukungan LCD sentuh dan touchpad dengan kontrol pada titik fokus. Tambahan ideal untuk sistem AF, RX100 VI menawarkan pengambilan gambar terus-menerus berkecepatan tinggi hingga 24 fps5 dengan pelacakan AF/AE, dengan limit buffer mengesankan sampai 233 gambar.

RX100 VI juga memiliki Anti-Distortion Shutter berkecepatan tinggi yang mampu mengurangi efek “rolling shutter” yang biasa dialami pada subjek yang bergerak cepat, dan dapat mengambil gambar tanpa ada suara pada semua mode. Mode shutter mekanik juga telah tersedia pada kamera ini.

Video 4K HDR

Untuk urusan video recording, Sony RX100 VI juga mampu menciptakan video dengan resolusi 4K. Hal ini berkat dukungan Fast Hybrid AF. Kecepatan AF dan sensitivitas pelacakan AF juga dapat diatur melalui sistem menu, menawarkan fleksibilitas bagi pengguna untuk menentukan preferensi fokus.

Pada mode 4K , RX100 VI menggunakan pembacaan piksel secara penuh tanpa pixel binning untuk memastikan ketelitian dari video 4K yang diambil minim moire dan ‘jaggies’. Pertama kali untuk kamera Cyber-shot, RX100 VI telah memiliki kemampuan 4K HDR berkat teknologi HLG (Hybrid Log-Gamma).

Tambahan fitur video professional, termasuk S-Log3/S-Gamut3, 120p Full HD mode, Picture Profile, proxy recording juga turut dimuat oleh Sony ke dalam kamera ini. Keunggulan lainnya, RX100 VI juga mampu merekam video super slow motion pada 240fps, 480fps atau 960fps.

Kemudahan kontrol

RX100 VI juga datang dengan 2,35 juta dot XGA OLED Tru-Finder dan ZEISS T Coating yang memiliki kontras tinggi. EVF sendiri dapat diatur ke dalam atau ke luar bodi kamera sesuai preferensi pengguna, dan dapat diaktivasi secara instan dengan tombol One-push Access.

Menjadi yang pertama untuk rangkaian kamera Sony RX, RX100 VI juga sudah memiliki tombol shutter yang dapat diaktivasi dengan menyentuh belakang layar LCD, pengaturan pembesaran dengan kecepatan pembesaran yang bisa diatur dan LCD yang dapat diputar 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah.

Sony juga melengkapi kamera ini dengan fungsi Monitor Auto OFF yang bisa meningkatkan angka gambar hingga maksimum 30%. Selain itu, Sony RX100 VI juga telah memiliki kompabilitas dengan Wi-Fi, NFC dan tentu saja Bluetooth.

Harga dan ketersediaan

Penasaran dengan harganya? Sony menyebutkan bahwa kamera kompak terbarunya ini akan tersedia pada akhir bulan Agustus 2018. Namun, bagi kalian yang sudah ingin pre-order, Sony membuka kesempatan mulai tanggal 27 Juli 2018.

Sony RX100 VI akan dijual dengan harga Rp16.999.000 dan bagi kalian yang membeli via pre-order, Sony memberikan bundle package eksklusif, yakni Leather Case LCJ-RXF senilai Rp999.000 dan baterai NP-BX1 senilai Rp439.000.

Comments

Populer