Connect with us
Featured

4 Hal yang Membuat Samsung Perkasa di Indonesia

Siapa yang tak kenal Samsung! Ya, mereka adalah pemain smartphone yang saat ini masih menjadi nomor satu di dunia. Samsung pun di pasar Indonesia juga tak kalah populer dan keperkasaannya belum ada yang menandingi.

Updated

Jika pasar penjualan smartphone di Indonesia diibaratkan sebuah kerajaan, bisa dikatakan Samsung adalah pemegang takhta tertinggi. Lebih dari 5 tahun, Samsung telah menguasai pasar smartphone Indonesia, bahkan kekuasaannya semakin luas dan sulit untuk dibendung.

Ya! Hingga saat ini seolah tidak ada pabrikan smartphone lain yang mampu melengserkan Samsung dari kursi singgasana di pasar Indonesia. Satu-satunya pesaing berat Samsung di kelas smartphone premium datang dari Apple. Untuk kelas menengah, pabrikan smartphone Cina juga masih sulit melawan Samsung.

Huawei, Lenovo, Motorola, Nokia, OPPO, Vivo, dan ASUS nyatanya belum mampu merobohkan tembok kuat yang dibangun oleh Samsung di Indonesia. Begitu juga Xiaomi yang baru-baru ini mulai “ngebut” di Indonesia dan punya smartphone flagship terjangkau juga belum mampu berbuat banyak.

Pertanyaannya, apa sih yang membuat Samsung bisa bertahan sebagai raja dan duduk manis di pasar smartphone Indonesia hingga saat ini? Penasaran! Berikut adalah beberapa kunci keberhasilan Samsung menurut kacamata DroidLime hingga bisa menjadi pabrikan smartphone nomor satu di Indonesia.

Nama besar sudah dibangun sejak lama

Samsung memang pintar untuk membaca pasar dan salah satu pasar yang ditargetkan adalah Indonesia. Mereka pun sudah lama bermain di industri gadget di Indonesia. Ya! Awalnya mereka menghadirkan perangkat yang sering kita sebut feature phone.

Di Indonesia, Samsung pun bersaing ketat dengan Nokia, Sony Ericsson, LG dan beberapa pabrikan ponsel lainnya. Saat industri smartphone naik daun, tak terkecuali di Indonesia, Samsung pun bisa langsung beradaptasi. Ya! Sejumlah smartphone dengan teknologi canggih turut dihadirkan di pasar Indonesia.

Ribut-ribut soal TKDN alias Tingkat Komponen Dalam Negeri, Samsung pun bisa melenggang dengan mulus. Mulai dari sinilah akhirnya Samsung bisa mendistribusikan sebagaian besar smartphone yang dikembangkannya ke pasar Indonesia.

Gayung bersambut, konsumen Indonesia pun kepincut dengan nama besar Samsung. Benar saja, smartphone racikan Samsung laku keras di Indonesia. Kualitas menjadi pilihan utama dan akhirnya muncul di kepala masyarakat Indonesia “asal bermerek Samsung pasti sudah berkualitas”.

Menyediakan smartphone berbagai pilihan

Berbicara soal smartphone yang ditawarkan, Samsung pun pintar menghadirkan perangkatnya untuk di semua segmen pasar, mulai dari entry-level, mid-level, hingga high-level. Semuanya juga dikemas dengan teknologi dan desain terkini yang membuat konsumen bisa jatuh hati.

Strategi seperti ini pun membuat Samsung bisa lebih dekat dengan konsumennya. Bagimana tidak! Bagi kalian yang memiliki budget pas-pasan, bisa memilih smartphone Samsung yang memang ditujukan untuk pasar entry-level. Nah! Bagi kalian yang tajir, bisa langsung membeli yang ditujukan untuk high-level.

Satu hal yang tak kalah menarik yang juga terus dilakukan oleh Samsung adalah memperbarui seluruh perangkat yang dihadirkan. Banyaknya pilihan smartphone yang Samsung tawarkan pada akhirnya mampu meracuni banyak pecinta gadget di Indonesia.

Punya service center yang tersebar merata

Jadi pabrikan smartphone nomor satu dan memiliki produk yang bervariasi. Itulah nilai jual yang dimiliki oleh Samsung. Namun tak berhenti sampai di situ, Samsung pun membangun pusat layanan alias service center yang tersebar merata di seluruh Indonesia.

Sudah jelas, dengan adanya service center yang banyak yang tersebar merata, pengguna smartphone Samsung benar-benar merasa aman dan nyaman. Artinya, jika mereka mengalami masalah dengan smartphone yang digunakannya, tak perlu khawatir atau bingung untuk memperbaikinya.

Tak hanya sebagai service center, biasanya Samsung juga menyediakan aksesoris pendukung, mulai dari casing, kabel charger, hingga baterai. Dengan begitu, pengguna bisa benar-benar terlayani jika mereka mencari aksesoris yang dibutuhkan. Sudah barang tentu, resmi dan bergaransi.

Promosi yang tak mengenal lelah

Seperti telah disinggung di atas nama besar Samsung sudah begitu melekat di kepala masyarakat Indonesia. Meski begitu, pabrikan smartphone asal Negeri Gingseng ini tak bisa berdiam diri, terutama dalam hal mempromosikan smartphone yang dipasarkannya.

Bisa dibilang, Samsung juga tak takut untuk jor-joran dalam beriklan. Tak hanya lewat media konvensional, seperti majalah dan koran, tetapi Samsung juga mempromosikan seluruh smartphone yang dipasarkannya di Indonesia lewat media teknologi berbasis digital.

Tentu saja yang tak kalah menarik yang dilakukan oleh Samsung adalah menggandeng sejumlah selebritis dan juga YouTuber ternama di Indonesia. Lewat cara-cara seperti inilah smartphone yang dibuat oleh Samsung dan dipasarkan di Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Comments

Populer