Connect with us
VivoBookPro
Featured

4 Hal yang Kalian Harus Tahu Mengenai Xiaomi Mi A2

Xiaomi menepati janjinya untuk merilis “Mi 6X” versi global dan perangkat tersebut datang dengan nama Mi A2. Ada tiga varian yang ditawarkan dan semuanya memiliki komposisi yang menarik.

Updated

Tahun lalu Xiaomi telah memperkenalkan Mi 5X yang secara khusus hanya dipasarkan di Cina. Untuk menyasar konsumennya di luar Cina, Xiaomi menjual Mi 5X dengan sebutan Mi A1. Menariknya, Mi A1 dibuat sedikit berbeda dengan Mi 5X, terutama dari sisi dukungan software-nya.

Ya! Mi 5X datang dengan sistem operasi Android 7.x Nougat dengan antarmuka MIUI 9. Sedangkan Mi A1 yang dijual di pasar global, termasuk di Indonesia datang dengan Android murni. Oleh karena itu, Xiaomi menggarap Mi A1 bersama dengan Google dan memasukkannya ke dalam project Android One.

Hal yang sama kembali diulang oleh Xiaomi di tahun ini yang menghadirkan Mi 6X. Smartphone ini pun hanya tersedia eksklusif di pasar Cina. Sedangkan di pasar global, Xiaomi memasarkannya dengan nama Mi A2 dan smartphone tersebut baru diperkenalkan di Madrid, Spanyol (24/7).

Xiaomi pun menjanjikan bahwa Mi A2 juga akan diboyong ke banyak negara, salah satunya pasar Indonesia. Lantas, apakah smartphone ini pantas untuk kalian beli? Dan keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh Xiaomi terhadap smartphone Android One keduanya ini?

Layar berukuran 5,99 inci FullHD+

Berbicara soal desain, Xiaomi mengemas Mi A2 seperti kebanyakan smartphone miliknya yang memang ditujukan untuk pasar entry-level. Hanya saja, sentuhan arc design dengan panel belakang berbalut alumunium jadi salah satu daya tarik smartphone ini.

Mi A2 datang dengan bentang layar IPS LCD berukuran 5,99 inci dan memiliki resolusi FullHD+. Sehingga aspek rasio kekinian, 18:9 juga diusung oleh smartphone ini. Untuk melindungi layarnya, Xiaomi sudah menyematkan Corning Gorilla Glass 5.

Memiliki layar penuh alias full screen, Xiaomi tidak lagi memuat tombol fisik apapun di bagian depan. Untuk urusan navigasi, semuanya dimuat ke dalam layar. Sedangkan bagian atasnya, Xiaomi menempatkan kamera depan, earpiece, LED flash, dan sebuah sensor.

Sedangkan pada panel bagian belakang, Xiaomi masih mengemas antena dengan bentuk “U” (U-Shaped) di sisi atas dan bawah. Ada juga dual-camera yang menonjol plus LED flash yang diposisikan secara vertikal di pojok kiri atas serta pemindai sidik jari yang ditempatkan di tengah.

Dual-camera yang powerful

Lagi dan lagi, Xiaomi sangat percaya diri dengan kemampuan kamera yang disematkan ke dalam smartphone buatannya, tidak terkecuali yang ada pada Mi A2. Oleh karena itu, Xiaomi menyebut perangkatnya ini “Picture Perfect 20 MP Cameras“.

Ya! Pada bagian belakang perangkat, Xiaomi menempatkan dual-camera. Konfigurasi yang terpasang adalah 12 MP sebagai lensa utama dengan ukuran piksel 1,25 um dan 20 MP sebagai lensa sekunder yang memiliki ukuran piksel 2 um Super Pixel. Keduanya masing-masing dilengkapi bukaan f/1.75.

Tak kalah menarik dengan kamera ganda yang ada di belakang perangkat, pada bagian depan, Xiaomi memuat selfie-camera dengan resolusi 20 MP. Tak ketinggalan, untuk mendongkrak kinerjanya, Xiaomi berani untuk menggunakan sensor IMX376 milik Sony dan 4500k Selfie-light.

Tak berhenti sampai disitu, Xiaomi juga membekali dual-camera belakang dan selfie-camera yang disematkan dengan kemampuan artificial intelligence alias AI. Oleh karena itu, Xiaomi pun sangat percaya diri dengan foto-foto yang dipotret menggunakan Mi A2.

Snapdragon 660 AIE & Android murni

Tak hanya mengagung-agungkan kemampuan kameranya, Xiaomi juga sangat percaya diri dengan dukungan hardware yang dibenamkan ke dalam Mi A2. Ya! Mi A2 datang dengan chipset Snapdragon 660 racikan Qualcomm.

Untuk menunjang kinerja chipset yang dibenamkan, Xiaomi juga membekali smartphone yang memiliki bobot 166 gram ini dengan pilihan RAM sebesar 4 GB dan 6 GB. Sedangkan opsi storage yang tersedia adalah 32 GB, 64 GB dan 128 GB.

Untuk urusan catu daya, Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 3.010 mAh dengan charger 10W. Memang pantas jika smartphone ini tidak memiliki fitur fast charger alias pengisian cepat karena memang kapasitas baterainya terbilang standar.

Beralih ke software, Mi A2 adalah smartphone kedua Xiaomi yang masuk ke dalam proyek Android One. Oleh karena itu, smartphone ini datang dengan sistem operasi Android tanpa antarmuka khas Xiaomi, MIUI. Android yang dimuat adalah versi 8.1 alias Oreo.

Seperti juga Mi A1 yang datang dengan Android murni, Mi A2 juga dijanjikan oleh Xiaomi untuk mendapatkan update lebih awal. Tentu saja, Google juga turut memuat berbagai aplikasi besutannya ke dalam smartphone ini, mulai dari Google Photo, Google Assistant, hingga Google Lens.

Harga

Seperti yang telah disebutkan, Mi A2 adalah “Mi 6X” yang bakal dipasarkan di banyak negara. Xiaomi akan memasarkan Mi A2 di 40 negara, salah satunya Indonesia. Kapan akan mulai tersedia di Indonesia? Xiaomi hanya menegaskan “segera!”.

Baca juga

Xiaomi akan memasarkan Mi A2 RAM 4 GB + ROM 32 GB dengan harga € 249 atau sekitar Rp4,2 juta, RAM 4 GB + ROM 64 GB dijual dengan harga € 279 atau sekitar Rp4,7 juta, dan RAM 6 GB + ROM 128 GB dijual dengan harga € 349 atau sekitar Rp5,9 juta. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Black, Gold, dan Blue.

Comments

Populer