4 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Now Reading
4 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Bagi Anda yang baru memulai workout atau fitness, tentunya butuh bantuan trainer untuk mengajari bagaimana menggunakan alat yang ada di gym tersebut. Namun dengan menggunakan empat aplikasi pilihan berikut ini, Anda dapat belajar bagaimana cara menggunakan alat tersebut sekaligus membuat program latihannya. Selain itu, Anda juga dapat memonitor kesehatan tubuh Anda.

Workout Trainer

Setelah selesai melakukan instalasi aplikasi ini, Anda akan diminta untuk melakukan assessment terlebih dahulu yang terdiri dari empat halaman. Langkah selanjutnya adalah Anda harus signup atau login. Anda akan disuguhkan dengan lima tab utama yang terletak pada bagian bawah, antara lain Home, Programs, Workouts, Trainers, dan Community.

a1

Pada bagian home, terdapat beberapa rekomendasi program, foto seputar fitness, komunitasnya, dan workout goal Anda. Yang lebih menarik ada pada tab kedua, yaitu program. Di sini Anda akan mendapat banyak sekali program yang dapat Anda pilih sesuai dengan pilihan Anda. Program ini juga turut disertai dengan jangka waktu nya. Anda dapat mendownload Workout Trainer di sini.

Total Fitness

Total fitness merupakan kumpulan informasi seputar dunia fitness. Tidak terlalu banyak yang dapat Anda lakukan pada aplikasi ini. Namun, banyak informasi yang dapat Anda temukan, seperti guide workout, guide mengenai nutrisi, dan kalkulator BMI (Body Mass Index). Anda juga dapat melakukan tracking BMI dengan aplikasi ini. Selain itu, terdapat juga challenges yang dapat Anda selesaikan, seperti 300 kali squats, 50 pull ups, maupun 300 kali sit-up.

a2

Menu workout pada Total Fitness sangat sederhana. bahkan hanya terdapat gambar dan penjelasan yang cukup panjang di bawahnya. Namun, Anda dapat menyelipkan catatan seperti number of sets, repetition, weight lifted, dan feelings ketika sedang melakukan satu gerakan tersebut. Anda dapat mendownload Total Fitness di sini.

Virtuagym

Aplikasi Virtuagym mirip dengan workout trainer. Virtuagym akan melakukan download file sekitar 500 file untuk awal penggunaannya. Terdapat tiga tab utama, yaitu home, stream, dan groups. Selain itu, pada sisi kiri terdapat menu utama diantaranya calendar, progress tracker, achievements, workouts, web portal, nutrition, dan account setting. Untuk menu nutrisi, Anda diharuskan mendownload aplikasi tambahan yaitu “Calorie, Carb, and Fat Counter” yang ada di Play Store.

a3

Petunjuk cara latihan pada Virtuagym cukup lengkap. Terdapat video simulasi lengkap dengan counter untuk melakukan latihan. Selain itu, terdapat juga penghitung waktu istirahatnya sehingga Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk istirahat.

30 Day Fit

Tampilan 30 Day Fit cukup sederhana. Fiturnya pun tidak banyak, namun cukup lengkap bagi Anda yang tidak suka dengan aplikasi yang terlalu kompleks. Terdapat empat tab utama pada bagian bawah aplikasi, yaitu challenges yang berisi tantangan untuk Anda, exercises untuk mengajarkan Anda cara latihan, info yang berisi informasi tentang developer, dan extra yang berisi daftar aplikasi lain keluaran developer.

a4

Menu Exercises milik 30 day fit cukup mudah diikuti walaupun tidak hadir dengan video. Langkah-langkah cara latihan dijelaskan secara detail dengan adanya nomor urut yang dilengkapi dengan gambar simulasi mengenai langkah tersebut. Sayangnya apabila Anda terlalu banyak berganti menu di tab, ternyata “jendela” aplikasi ini bertumpuk sehingga memerlukan beberapa kali menekan tombol back.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
70%
Mau
20%
Biasa Aja
7%
Payah!
3%
About The Author
Ryan Fibrian
Pengguna LG G4 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menulis di DroidLime.
2 Comments
Leave a response

Leave a Response