4 Alasan Mengapa Harga Perangkat Xiaomi Murah

Now Reading
4 Alasan Mengapa Harga Perangkat Xiaomi Murah

Brand terkenal asal Cina yang satu ini semakin mengepakkan sayapnya. Berdiri sejak tahun 2010, popularitas Xiaomi terus beranjak naik. Bahkan pada tahun 2015 lalu, Xiaomi menduduki peringkat keempat sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Banyak orang penasaran, mengapa smartphone Xiaomi selalu laku keras di pasaran?

Jawaban yang paling tepat adalah karena model bisnis cerdas yang mereka lakukan. Bayangkan saja, mereka mampu menjual produk berspesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dibanding smartphone lainnya. Mengapa bisa begitu? Berikut adalah empat alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Ogah beriklan

Alasan yang paling utama adalah Xiaomi tidak melakukan promosi atau pengiklanan produk secara besar-besaran. Tentu saja Xiaomi pernah beriklan, namun bujetnya berbeda dengan vendor lain seperti Samsung yang rela mengeluarkan dana sangat besar untuk proses promosinya saja.

Xiaomi lebih mengandalkan jaringan media sosial dan para fans untuk mempromosikan produknya. Melalui media sosial, produk Xiaomi diperkenalkan dari mulut ke mulut. Dengan cara ini, Xiaomi telah menghemat banyak dana dan mengalokasikannya untuk merilis smartphone baru di setiap tahunnya.

Di sektor penjualan, Xiaomi menggunakan e-commerce seperti Flipkart, Amazon, dan Snapdeal untuk penjualan online-nya, serta menggunakan beberapa toko seperti Mobile Store dan Airtel Store untuk penjualan offline-nya. Hal ini juga berlaku di Indonesia dimana pada awalnya Xiaomi dijual secara online melalui Lazada.

Jual cepat terbatas

Penjualan dengan harga murah ini megharuskan Xiaomi membuat kebijakan dalam proses produksinya, yakni menjual produk secara cepat dan terbatas. Sebenarnya, banyak orang khusunya fans Xiaomi mengeluh dan mengkritik keras kebijakan ini. Tapi faktanya disitulah letak strategi bisnis yang Xiaomi lakukan agar dapat menjual produk dengan murah namun tetap balik modal atau bahkan untung.

Kebijakan ini membuat Xiaomi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan konsumennya. Ini karena Xiaomi hanya menjual setiap seri smartphone secara terbatas dan penjualannya pun dilakukan dengan sangat cepat. Dengan cara ini pula, Xiaomi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penyimpanan dan pemeliharaan produk.

Ekspor ke pasar potensial

Xiaomi tidak hanya menjual smartphone pada basis pelanggan kecil. Xiaomi terus berusaha memperluas pasar hingga ke berbagai negara. Memang tidak banyak cakupan Xiaomi, tapi mereka menyasar negara yang potensial, seperti Indonesia, sebagian besar Asia Tenggara, India, Brazil, Rusia, dan Meksiko. Dengan mengekspor produk ke luar negeri, pendapatan Xiaomi menjadi lebih banyak.

Seperti kata pepatah mengatakan “Drops make an Ocean”, semakin banyak pembeli semakin besar keuntungan yang didapat. Meski keuntungan yang didapat kecil karena harga produknya yang murah, namun jika pelanggan membeludak, pasti keuntungan meningkat seiring berjalannya waktu.

Kerjasama strategis

Perlu diketahui, Xiaomi didirikan oleh pemain-pemain lama dalam dunia bisnis teknologi, termasuk Hugo Bara yang kini menjabat sebagai Vice President Xiaomi. “Kami punya hubungan yang sangat baik dengan para penyuplai komponen (hardware),” ujar mantan bos Google tersebut. Dengan begitu, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dengan harga lebih miring.

Ya, Xiaomi memiliki banyak mitra besar termasuk Qualcomm. Kita tahu Qualcomm adalah perusahaan yang selalu menghadirkan prosesor super kuat. Oleh sebab itu, banyak lini smartphone Xiaomi menggunakan prosesor Qualcomm sebagai otaknya.

Berkat kerjasama dengan Qualcomm, Xiaomi mendapatkan prosesor dengan harga yang relatif lebih murah. Tentunya bukan hanya dekat dengan Qualcomm, Xiaomi juga sangat dekat dengan produsen layar dan komponen lainnya.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
91%
Mau
4%
Biasa Aja
4%
Payah!
4%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.
44 Comments
Leave a response
  • Prabu Wijaya
    January 21, 2017 at 2:37 am

    Persetan dengan agen resmi ataupun distributor, garansi atau tidak yang penting gue bisa beli barangnya. Xiaomi Mi5s oke banget. Selanjutnya Xiaomi Mi6 gue tunggu kehadirannya di Indonesia. Thanks Xiaomi 👍👍👍👍👍👍❤❤❤❤❤❤

  • alvin fans xiaomi
    January 20, 2017 at 8:06 pm

    klo ane gan..dri dlu xiaomi kluar ane pakai xiaomi redmi 1 hbistu stiap ada kluran baru dari xiaomi ane coba smua tpi skrg mash bertahan di xiaomi mi5..
    mau cba xiaomi note 2 / xiaomi mi mix tpi dana blm ckup..😁😁
    xiaomi spek dewa harga merakyat..👍

  • fanji_ajjah
    January 20, 2017 at 3:10 pm

    Ane juga pengguna baru xiaomi mi max…
    Rasanya puas bnget pake ne HH..
    Kemampuanya melebihi harganya..
    So far so good dah…

  • Ima
    January 18, 2017 at 1:14 pm

    Redmi 2 prime saya ko suka mati sendiri yaa abis di up ke MIUI 8
    Ada yg tau kenapa???

  • Juna
    January 17, 2017 at 9:46 pm

    Sekeluarga pake xiaomi , mantap

  • hadi
    January 17, 2017 at 8:51 pm

    sama ane juga, ane adalah fanboy LG dan benci bangert sama Xiaomi dan pada akhirnya ane beli Xiaomi dan penasaran bagus atau nggak. ternyata udah mau setahun pake redmi 3 pro mantap luar biasa dan bisa diandalakan. santa bagus pokoknya
    ane sumaph suka banget sama xiaomi kalaupun beli lagi, mau xiaomi lagi dah

    • firman
      January 19, 2017 at 11:10 am

      Sama gan. Ane dulu benci bnget sama xomay.
      Dlu pake zenfone, saking keselnya sma xomay dulu sempet anti bgt.
      Ehh skrang pke redmi note 3 vs Zenfone kalah telak si asus..
      Sekeluarga pake xomay semua. Mantap lahh

  • Fahmi
    January 17, 2017 at 5:36 am

    Berarti xiaomi akan dipilih qualcomm utk menjadi vendor pertama yg bakal mendapat snapdragon 835 karena efek dari kerjasamanya itu melalui mi6, semoga bulan Februari benar2 rilis dgn harga yg murah..

  • Inkeshi Widjaya
    January 16, 2017 at 8:48 pm

    Dari dulu waktu Xiaomi Redmi Note 2 keluar langsung beli, sampe sekarang masih tetep dipake. Udah 4 tahun dan masih lancar, suka panas sich kalau bwt maen game tapi wajar. Kamera bagus, miui sering update dan makin bagus. Tinggal nunggu update yang masih postpone

  • Yusdian
    January 16, 2017 at 3:32 pm

    Saya baru tau kalau hugo bara mantan bos google 😅✌

  • Udang
    January 15, 2017 at 11:20 pm

    Mi4 selalu di hati

  • kikigunari
    January 15, 2017 at 4:36 pm

    Gue sih suka produk xiaomi tetapi gue lebih mikirin😒 after sales nya.

  • andrew
    January 15, 2017 at 4:20 pm

    gw mi4i user, biasanya tiap tahun pst ganti hape.. tp ga tau knp betah aja sm mi4i nya.. hehehe
    Sebenernya xiaomi kelas flagship xiaomi kece tp klo mw dpt hrg murah kita hrs menunggu sesaat krn hrgnya cpt bgt turunnya

  • Rini
    January 15, 2017 at 2:30 pm

    Jatuh hati sm xiaomi,,xiaomi memang mantap redmi 3pnya swami jatoh n klindas mobil..hancur!!
    Tpi smua msih nornal,dr kamera music,panggilan,sms..smua msih bisa cm layar,lcd n body belakang retak g berbentuk..
    Skrg sy pegang redmi 4..mantaappp👍👍👍

  • Aditya Riswanda
    January 15, 2017 at 1:26 pm

    Ane user redmi 2, dan sekarang ganti redmi 3s pro, ntah kenapa, kagak mau pindah aja dari xiaomi.. kalo bisa pengen beli mi band nya sekalian, wkwkwkwkwk

  • Andre
    January 15, 2017 at 8:17 am

    Ini memmang sangat baik dan cukup memuaskan bagi penguna nya.. Dan harga terjangkou

  • Riean
    January 14, 2017 at 10:27 pm

    Jempol DECH wat xiaomi,,,

  • Okik
    January 14, 2017 at 7:19 pm

    Ane pengguna mi4c. Ganti dari LG L fino jadul.

    G niat pengen balik dan puas banget. Untuk harga segitu keren banget kaméra, display, dan kinerjanya mantap abis

  • Dameron72
    January 14, 2017 at 4:27 pm

    Ane dari user setia LG G2 D802, setelah memiliki hp secondary Redmi 2, akhirnya ane memutuskan menggunakan Mi4c sebagai hp primary (G2 pensiun). Sebenarnya agak berat melepas LG tsahhh (sempat naksir LG G4), namun akhirnya membeli Mi4c karena alasan budget dan juga imx258.
    After that? I never look back. Puas bgt pake Xiaomi, sampai Harbolnas 2016 kemarin, ane memutuskan untuk menurunkan derajat Mi4c ane dan memilih Mi5s sebagai hp primary selanjutnya, karena hp ini counterpart-nya Google Pixel, gan! hehehe..
    Pake Mi5s makin puasss..performa SD821 mantebbb, apalagi imx378-nya edunnnn!! recommended bgt dah!
    Dan sekarang Mi4c ane pasang CM14, biar berasa Nexus 5x, gan hehehe xD

  • Rifku Firdaus
    January 14, 2017 at 3:41 pm

    Awalnya sih ane anti hp brand dari tiongkok, apalagi yang baru2 nongol. Tapi setelah ane nyoba make xiaomi mi4i, kesan pertama good looking, nyaman di genggam. Kamera bagus . Overall bagus lah. Sampe saat ini ane masih demen make xiaomi. Sampe ane beli produk2 xiaomi, harga menengah kebawah rasa menengah ke atas . Ga ada gengsi lagi skrng make xiaomi.

  • Ikhwan munazir
    January 14, 2017 at 3:36 pm

    Saat pertama kali memakai xiaomi redmi pro, bentuk dan desainnya memang luxury dan ditambah 2 kamera belakang semakin membuat flagship seri redmi ini terlihat lebih premium serta dengan body brushed metal aluminium, Terus berinovasi xiaomi👍👍

  • amani
    January 14, 2017 at 1:03 pm

    Pertama kali lihat spek xiaomi redmi 3x yang gagah tapi dengan harga yang gila.. saya langsung beli dari tokopedia.. dan benar juga saya tanpa sadar merekomendasikannya ke mahasiswa. strategi brilliant dari xiaomi

  • Ganda
    January 14, 2017 at 9:12 am

    Xiaomi ttp mantap Bravo…!

  • Zillion
    January 14, 2017 at 7:44 am

    Produk xiao mi ok2. Tp sayangnya miui boros ram. Tp salutnya miui sering upgrade wat semua seri xiao mi dari yg jadul sampe yg terbaru. Ga kayak touchwiz samsung yg terbatas pada seri2 tertentu saja. Bravo xiao mi dan miui. Rocks!!

  • Doni21
    January 14, 2017 at 3:53 am

    Setrateginya ok banget. Kagum

  • Adrian
    January 14, 2017 at 1:52 am

    Keren xiaomi

  • Aman fajar
    January 14, 2017 at 12:00 am

    Saya pake redmi note 4 sangat puas bgt,spek,camera,dan MIUI 8, Xiaomi selalu bertingkat di spesifikasi dan harga bersahabat,buat Xiaomi mantap,4 jempol buat Xiaomi,

    Om Xiaomi om, mantap om…………..

  • alan
    January 13, 2017 at 11:28 pm

    Kalau mau Xiaomi resmi, kata Hugo Barra sih tahun ini sudah masuk lagi resmi nya. Hugo Barra saja bilang beli resmi saja, kok fanboy nya ngotot beli distributor . :v

  • Muttaqin
    January 13, 2017 at 8:41 pm

    Om xiaomi Om, keren Om

  • Muhammad Rizky
    January 13, 2017 at 7:43 pm

    Kelemahannya ada di OS nya

  • Bagaskara
    January 13, 2017 at 7:33 pm

    Mantap jiwa

  • Hanif
    January 13, 2017 at 7:25 pm

    Murah spek dewa ya xiami

  • Firman Hidayat
    January 13, 2017 at 6:23 pm

    xiaomi memang jawara. mantap keren lah. gk kayak produk sebelah. cuma bisa nambahin megapixel lol.

  • Bima Saputra
    January 13, 2017 at 4:41 pm

    walaupun Xiaomi itu produk²nya tapi kan banyak yang beli 🙂

  • Yakub
    January 13, 2017 at 4:20 pm

    Saya pemain baru di xiomi…Yang saya rasakan emang jauh berbeda dengan smart phone yg lainnya….Murah tapi gak murahan…..Itulah XIOMI

  • Riki hardi
    January 13, 2017 at 3:07 pm

    Xiaomi emang mantap dah,,,,, menang kalah pokoknya xiaomi👍👍👍

  • Aria. S
    January 13, 2017 at 2:38 pm

    Gpp yang penting xioami makin mantap

  • Fatwa.Pujangga
    January 13, 2017 at 1:31 pm

    Masih betah dengan Redmi Note 3 Pro 2/16, menunggu harga turun dari MiMax. 🙂 Sejauh ini sangat puas menggunakan Redmi Note 3 Pro, terkadang rasanya nggak tega juga melihat harganya. 🙂 Murah, Meriah, Mewah.

  • Anom wijaya Espada
    January 13, 2017 at 1:19 pm

    2 jempol bwt xiaomi….

Leave a Response