360 Security Lite, Aplikasi Pembersih Android Super Ringan

Now Reading
360 Security Lite, Aplikasi Pembersih Android Super Ringan

Bicara soal efisiensi sistem operasi mobile, siapa pun akan setuju bahwa Android menjadi yang paling buruk dibanding Windows Mobile apalagi iOS. OS Android mengonsumsi RAM sangat banyak, rentan terkena malware atau virus, serta menghabiskan banyak kapasitas storage untuk menyimpan file junk (sampah).

Karenanya jangan heran apabila ada cukup banyak aplikasi utility untuk meringankan kerja gadget Android. Salah satu yang akan kami bahas adalah 360 Security Lite. Keunggulan utama dari aplikasi ini ada pada ukurannya yang sangat kecil, hanya 4 MB saja dan bisa di-download gratis di Google Play.

Aplikasi pembersih all-in-one

360-security-lite-02

360 Security bisa dikatakan sebagai aplikasi pembersih all-in-one karena menawarkan banyak fungsi di dalamnya. Ada tiga fungsi utama yang bisa langsung Anda akses dari menu utamanya, yaitu Boost, Clean, dan Antivirus.

Fungsi boost berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan RAM dengan menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan. Fungsi Clean untuk menghapus file sampah guna melonggarkan kapasitas storage. Sedangkan fungsi Antivirus bisa digunakan untuk melakukan scan malware pada aplikasi yang ter-install di perangkat.

Ringan dan sederhana

360-security-lite-04

Biasanya aplikasi pembersih identik dengan kesan berat dan justru berpotensi membuat smartphone jadi lemot. Hal yang bertolak belakang justru kami rasakan pada aplikasi pembersih satu ini. Bisa jadi karena ukurannya yang kecil, 360 Security jadi terasa responsif saat digunakan.

Hal tersebut jadi terasa sangat bermanfaat dan membantu. Pasalnya kebanyakan perangkat yang mengalami lemot dan lebih perlu dibersihkan adalah perangkat menengah ke bawah yang biasanya hanya mengusung spesifikasi standar.

360-security-lite-03

Saat kami coba, proses membersihkan RAM dapat berlangsung rata-rata dalam waktu lima detik. Sedangkan proses menghapus file sampah yang tidak terpakai dilakukan dengan lebih lama, sekitar 20 detik. Pasalnya aplikasi ini akan melakukan scan terlebih dahulu file mana saja yang tidak berguna, baru menghapusnya.

Setidaknya dalam kurun waktu satu minggu, perangkat Android bisa menghasilkan file sampah antara 500 MB hingga 2 GB, tergantung dari banyaknya aplikasi yang ter-install dan dijalankan. Dengan menghapus file sampah, Anda bisa lebih menghemat kapasitas storage, terutama bagi Anda yang menggunakan smartphone dengan kapasitas kecil.

Artikel ini hasil kerjasama DroidLime dengan 360 Security Lite

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
56%
Mau
17%
Biasa Aja
11%
Payah!
15%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
3 Comments
Leave a response

Leave a Response