3 Merek Smartphone yang Paling Sering Salah Diucapkan

Tak terhitung ada berapa banyak produsen  yang "bermain" di dalam industri gadget, tepatnya smartphone. Dari sekian banyak merek smartphone yang ada saat ini, beberapa di antaranya memiliki nama yang ternyata sering salah saat diucapkan. Contohnya seperti tiga merek smartphone berikut ini.

Xiaomi

Xiaomi adalah produsen gadget asal Cina yang memulai karirnya sejak tahun 2011 lalu. Namun Xiaomi sudah ada sejak tahun 2010, didirikan oleh beberapa orang, salah satunya adalah Lei Jun yang saat ini menjabat sebagai CEO Xiaomi. Sebagai perusahaan Cina, nama Xiaomi tentu identik dengan lafal bahasa Cina.

Hingga saat ini, nama Xiaomi masih terdengar asing bagi beberapa kalangan. Jadi, wajar saja jika masih banyak yang bingung dan kesulitan dalam mengucap nama Xiaomi. Dalam wawancara sebuah acara talk show di India, Hugo Barra, Vice President Xiaomi, mengungkap bagaimana melafalkan nama Xiaomi dengan benar. Ya, Anda bisa menyebut nama Xiaomi dengan ejaan "Shao-Mi".

Selain nama Xiaomi itu sendiri, orang-orang juga seringkali salah dalam mengucap nama user interface besutan Xiaomi, yaitu MIUI. Cara mengucapkan MIUI yang benar yakni "Mi-Yu-Ai".

ASUS

Pada awalnya ASUS adalah perusahaan produsen perangkat komputer. Seiring dengan berkembangnya perangkat komputasi yang bertransformasi dengan bentuk lebih kecil seperti smartphone dan tablet, ASUS akhirnya turut menciptakan smartphone dan tablet.

Sebagai perusahaan asal Taiwan, nama ASUS sebenarnya lebih mudah diucapkan dibanding nama Xiaomi. Namun tetap saja, ternyata banyak yang salah dalam mengucapkan nama ASUS. Nama ASUS dapat diucapkan dengan ejaan "Ei-Sus".

Huawei

Perusahaan produsen gadget lainnya yang tak kalah sulit untuk diucapkan namanya adalah Huawei. Sama seperti Xiaomi, Huawei adalah perusahaan asal Cina yang unsur namanya masih cukup lekat denga lafal bahasa Cina. Produk Huawei sendiri memang tak terlalu banyak digunakan di Indonesia. Namun di Amerika Serikat dan Inggris, Huawei ada di urutan lima besar smartphone yang paling banyak digunakan.

Sayangnya, orang Eropa dan Amerika, termasuk Indonesia, masih sering salah dalam mengucapkan nama Huawei. Seringkali, kita menyebut nama Huawei sesuai dengan susunan huruf dari nama Huawei itu sendiri. Untuk itu, Huawei sempat merilis video di YouTube untuk menginformasikan bagaimana cara mengucapkannya dengan benar, yakni "Wah-Wei".

(last edit: 11 July, 2015 / 2:14 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
64%
Mau
7%
Biasa Aja
21%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.