Connect with us
ROG GL504
Featured

3 Android Flagship “Korban” Samsung Galaxy S9

Published
androidflagship

Kehadiran jajaran smartphone flagship biasanya sudah ramai dibicarakan sejak awal tahun. Waktu perilisannya biasanya terjadi dibulan Januari (CES) atau Februari (MWC). Namun rutinitas tersebut sepertinya tidak akan terjadi tahun ini.

Beberapa produsen smartphone kenamaan yang rajin merilis perangkat flagship sudah mengisyaratkan bakal menunda perilisan perangkat barunya. Penyebab utamanya tidak lain karena “mengalah” dengan kehadiran Samsung Galaxy S9.

Ya, belum juga dirilis, Samsung Galaxy S9 sudah lebih dulu memakan “korban” nama-nama besar. Siapa saja? Berikut adalah tiga smartphone flagship yang menjadi korban dan terancam tertunda kehadirannya.

LG G7

lgg7konseo

Smartphone flagship yang paling mungkin atau bahkan sudah bisa dipastikan molor dari jadwal rilis adalah penerus LG G6 (kemungkinan bernama LG G7). Kerugian pada dua kuartal terakhir 2017 membuat bos besar LG harus mengubah strateginya.

Mereka sudah memastikan tidak akan lagi merilis smartphone rutin tiap tahun atau pun merilis smartphone baru hanya untuk menyaingi produsen lain. Mereka hanya akan merilis smartphone jika sudah benar-benar dirasa perlu.

Dan kebijakan tersebut bakal langsung diterapkan tahun ini. Di gelaran MWC 2018 akhir Februari nanti, LG tidak akan memperkenalkan G7. Sebagai gantinya, LG bakal mengumumkan versi terbaru dari V30 yang kini sudah mendapat dukungan A.I.

Setidaknya kehadiran V30 versi baru ini diharapkan bisa menjaga eksistensi LG sembari menunggu flagship G7 benar-benar siap dirilis. Untuk G7 sendiri bisa dipastikan bakal melenggang dengan chipset terbaik dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845.

Huawei P11/P20

renderp20

Sama seperti LG, Huawei juga rutin merilis smartphone flagship anyar tiap awal tahun. Contohnya tahun 2017 kemarin, Huawei mengumumkan kehadiran P10 tak lama setelah LG memperkenalkan G6.

Tapi untuk tahun ini, Huawei diragukan bakal melakukan hal serupa. Tentu saja mereka akan tetap merilis flagship barunya, entah itu dinamakan P11 atau P20. Bahkan dengan pembaruan fitur yang signifikan.

Beberapa rumor di antaranya mengatakan smartphone terbaru Huawei ini bakal dilengkapi tiga kamera utama serta poni di layar yang didukung sensor pendeteksi wajah seperti halnya Face ID.

Sayangnya kita harus sedikit bersabar karena kehadirannya bakal sedikit telat. Berdasarkan informasi yang beredar di dunia maya, Huawei akan menunda perilisan flagship anyarnya hingga bukan April nanti. Salah satu penyebabnya karena tidak ingin kalah hype dari Galaxy S9.

HTC U12

konsephtcu12

Calon smartphone flagship terakhir yang terancam ditunda adalah HTC U12. Rencana penundaan ini sangat masuk akal mengingat HTC bukan saja punya tugas melahirkan produk baru, tapi juga membuatnya laris di pasaran.

Hal inilah yang tidak berjalan dengan baik saat HTC merilis U11 tahun 2017 lalu. Padahal U11 pernah tercatat sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark. U11 juga membawa inovasi fitur Squeeze dimana pengguna bisa meremas bodi smartphone sebagai shortcut.

Tahun ini, HTC U12 bakal melenggang dengan layar lega 18:9, chipset Snapdragon 845, RAM 6 GB, dan kemungkinan konfigurasi dual-camera. Tapi kita tidak akan melihat kehadirannya dalam waktu dekat karena sumber internal HTC menyebut kehadirannya bakal ditunda setelah peluncuran Galaxy S9 nanti.

Comments

Wajib baca

Populer