Connect with us
UX370-JOE
Events
MWC 2017
Tech News

3 Alasan Mengapa LG G6 Gunakan Snapdragon 821 Bukan 835

Droidlime.com,

/

lg new g6

Dua tahun terakhir, LG menjadi salah satu produsen smartphone yang sangat aktif melahirkan smartphone flagship. Ya, LG bisa merilis dua smartphone flagship dalam setahun. Dimulai sejak perilisan LG G4 dan LG V10, diikuti LG G5 dan LG V20, dan kini LG sudah resmi merilis G6 sebagai smartphone tertingginya saat ini.

Di antara beragam fitur dan teknologi yang ditawarkan, ada satu hal yang nyatanya banyak disesalkan oleh para pencinta gadget. Hal yang dimaksud adalah penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 821, bukan Snapdragon 835.

Sebenarnya alasan utamanya sudah jelas, yakni karena Snapdragon 835 bakal digunakan lebih dulu oleh Galaxy S8 secara eksklusif untuk beberapa waktu ke depan. Namun di samping alasan itu, ternyata LG punya tiga alasan lain. Apa saja?

Belum stabil dan optimal

LG mengklaim tahun 2011 hingga 2016 boleh jadi tahunnya unjuk kebolehan performa komputasi. Tapi di tahun 2017 ini, pengguna smartphone lebih mengutamakan kestabilan dan optimalisasi hardware guna mendapat pengalaman terbaik. LG pun mencari aman dengan kembali menggunakan Snapdragon 821 ketimbang 835.

Pasalnya LG menilai kalau penggunaan prosesor baru membutuhkan penyesuaian. Jika mereka jadi pengguna Snapdragon 835 yang pertama, ada kemungkinan terjadi kegagalan seperti halnya kasus overheat pada Snapdragon 810 lalu yang menimpa Sony Xperia. Karenanya Snapdragon 821 dinilai tetap layak digunakan.

Butuh waktu penyesuaian

LG rutin melahirkan smartphone flagship G series di bulan Februari setiap tahunnya. Karena tidak mau menunda-nunda waktu perilisannya, maka LG lebih memilih menggunakan Snapdragon 821. Pasalnya penggunaan hardware terbaru diklaim membutuhkan waktu lebih lama.

Mereka harus melakukan uji coba terlebih dahulu agar mendapat hasil yang maksimal dan juga stabil. Selain itu, penggunaan hardware baru juga membutuhkan penyesuaian terhadap aplikasi maupun game yang sudah tersedia saat ini agar bisa berjalan sebaik mungkin. Jadi sekali lagi, karena tak mau menunda peluncurannya, maka Snapdragon 821 lah yang jadi pilihan.

Baterai mungkin boros

Qualcomm merancang Snapdragon 835 dengan teknik fabrikasi 10nm yang artinya lebih kecil dari Snapdragon 821 yang punya teknik fabrikasi 14nm. Di atas kertas, teknik fabrikasi lebih kecil bakal memiliki efisiensi daya lebih baik yang artinya konsumsi dayanya bakal lebih hemat.

Tapi lagi-lagi LG tak sepenuhnya yakin akan hal itu. Kembali ke poin nomor dua, tidak ada jaminan 100 persen bahwa Snapdragon 835 bakal sukses prosesor kencang dan hemat daya. Kemungkinan kegagalan seperti halnya Snapdragon 810 tetap ada. Jadi, bisa saja Snapdragon 835 pada kenyataannya mengonsumsi daya lebih tinggi dari Snapdragon 821 yang saat ini sudah terbukti hemat.

Advertisement
Comments
Featured

Inilah Jajaran Smartphone Kece Jebolan MWC 2018

Published

on

HMD Global MWC 2018
Pagelaran teknologi termegah di dunia, MWC 2018 telah usai diselenggarakan. Namun hingga detik ini kenangan dan keseruan acara tersebut masih membekas di dalam benak kami. Ya! Sungguh beruntung, tahun ini kami diberikan kesempatan untuk menghadiri event besar tersebut secara langsung di Barcelona. Pada event tersebut, sederet produsen teknologi berlomba-lomba untuk memamerkan beragam smartphone terbarunya. Lantas, smartphone apa saja yang telah rilis pada ajang MWC kemarin? Inilah daftarnya. Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9+ Dalam sebuah acara bertajuk “Samsung Unpacked 2018”, perusahaan asal Korea selatan ini memperkenalkan smartphone generasi terbaru sekaligus menjadi penerus seri Galaxy S8, yakni Samsung Galaxy S9 dan...
Continue Reading
Featured

Transformasi Samsung Galaxy S Series dari Jadul Hingga Kekinian

Galaxy S series saat ini telah berumur 8 tahun dan menjadi lini smartphone flagship yang sukses mengukuhkan Samsung sebagai merek smartphone Android terlaris.

Published

on

galaxys9official
Aditya Wasa Wirman / DroidLime.com
Samsung, perusahaan megah asal Korea Selatan ini memulai kariernya sejak tahun 1969. Sebelumnya perusahaan ini fokus meluncurkan perangkat-perangkat elektronik. Namun semenjak bergabung dengan Samsung Semiconductor dan Communications, perusahaan yang dipimpin oleh Kwon Oh-hyun turut melahirkan perangkat komunikasi seperti PC, laptop dan beragam ponsel unik yang kemudian berlanjut dengan menciptakan smartphone. Setelah melewati berbagai proses, kini Samsung sukses menjadi vendor smartphone yang besar bahkan layak disebut sebagai trendsetter bagi para vendor smartphone lainnya. Pasalnya, sederet teknologi baru telah tercipta dari tangan perusahaan ini. Seperti yang kita ketahui, Samsung telah menetapkan beberapa segmentasi pasar bagi setiap smartphone-nya dengan membuat seri-seri khusus, dimana...
Continue Reading
MWC 2018

Si “Duo Poni” ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 5Z Resmi Dirilis!

Published

on

zf5z droidlime
ASUS telah menuntaskan tugasnya melahirkan tiga smartphone baru yang masuk keluarga ZenFone 5 series. ASUS ZenFone 5 Lite sebagai varian paling basic dengan pilihan chipset Snapdragon 430 atau Snapdragon 630. Sementara dua varian lainnya untuk kelas mid-range dan flagship. Di kelas mid-range, ASUS ZenFone 5 hadir dengan chipset kelas menengah Snapdragon 636 yang memiliki fabrikasi 14 nm. Untuk kapasitas RAM-nya ada dua, yakni 4 GB dan 6 GB. Sementara kapasitas storage hanya tersedia 64 GB. Untuk kebutuhan memotret, tersedia konfigurasi dual-camera vertikal yang terdiri dari kamera primer 12 MP dengan sensor Sony IMX363 f/1.8 plus OIS, serta kamera sekunder 8...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer