3 Alasan di Balik Lenyapnya Jack Audio pada Razer Phone

Tidak lama setelah mengakuisisi Nextbit, Razer langsung tancap gas memproduksi smartphone pertamanya, Razer Phone, yang sukses mencuri perhatian. Smartphone ini kerap jadi sorotan karena embel-embel smartphone gaming yang disandangnya.

Jadi smartphone perdana, Razer Phone sudah bisa masuk jajaran flagship berkat chipset Snapdragon 835, RAM 8 GB, layar 120 Hz pertama di dunia, dan dual speaker yang diklaim terkencang di dunia. Meski begitu, ada satu hal yang banyak dikeluhkan, yakni ketiadaan jack audio.

Ya, rupanya Razer ikut-ikutan tren smartphone tanpa jack audio. Buat Anda yang bingung apa alasannya, CEO Razer pun akhirnya angkat bicara. Ada tiga alasan di balik lenyapnya jack audio pada Razer Phone.

Yang pertama, dengan ketiadaan jack audio, ada ruang kosong yang akhirnya bisa dipakai untuk baterai yang lebih besar. Kita tahu, kapasitas baterai Razer Phone adalah 4.000 mAh, yang mana 500 mAh dari kapasitas tersebut mengambil ruang yang seharusnya ditempati jack audio.

Alasan kedua, dengan ketiadaan jack audio membuat proses pembuangan panas jadi lebih efektif. Razer memang merancang smartphone-nya dengan sistem pendinginan yang maksimal, dimana ada lebih banyak heatsink yang artinya memakan lebih banyak ruang.

Dan alasan terakhir untuk menguatkan yakni adanya adapter DAC audio yang disediakan disetiap paket penjualannya. Adapter ini diklaim bisa menghasilkan suara lebih baik sehingga kalau pun mau tetap pakai earphone, keluaran suaranya bakal lebih memanjakan telinga.

(last edit: 2 December, 2017 / 9:09 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
81%
Mau
4%
Biasa Aja
11%
Payah!
9%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.