Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Featured

#10yearchallenge, Beginilah 7 Smartphone Flagship Satu Dekade Lalu

Satu dekade lalu sejumlah pabrikan smartphone flagship telah mengawali kompetisinya. Ya! Mereka menawarkan perangkat yang tak hanya memberikan rasa nyaman untuk berkomunikasi, tetapi juga bentuk yang menarik. 10 tahun kemudian, mereka pun mampu bertransformasi dengan mulus.

Updated

Entah siapa yang memulai, tantangan 10 tahun yang memunculkan hashtag #10yearchallenge begitu populer di sejumlah media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Tak sedikit dari pengguna jejaring sosial tersebut yang memposting foto-foto mereka dalam satu dekade ini.

Nah! Terkait dengan itu, sangat menarik jika kita mengeksplorasi industri ponsel 10 tahun lalu yang akhirnya mampu bertransformasi di era modern saat ini. Ya! Sejarah pun berulang dengan lahirnya smartphone slider dan kemungkinan di tahun ini akan muncul smartphone layar lipat.

Harus diakui, ketika ponsel satu dekade lalu lahir, lebih mengutamakan fungsi komunikasi. Hal ini berbeda, kini smartphone lahir lebih dari sebagai alat komunikasi. Bahkan, kini tak sedikit pabrikan smartphone yang merilis produknya untuk menawarkan hiburan, seperti bermain game atau nonton film.

Apple

Apple iPhone 3GS, Apple iPhone XS Max

Pada tahun 2009 lalu Apple merilis iPhone 3GS. Ya! Inilah iPhone generasi awal, dimana pada dua tahun sebelumnya mereka telah berhasil menelurkan iPhone pertama dan iPhone 3G. Embel-embel “S” pada iPhone 3GS yang disematkan merupakan peningkatan bertahap yang dilakukan oleh Apple.

Hal itu pun berimbas pada beberapa seri iPhone berikutnya, dimana Apple hanya melakukan sedikit perubahan ketika menelurkan iPhone yang di dalamnya terkandung karakter “S”. Ya! Ini pun berlangsung hingga mereka menelurkan Xs dan Xs Max pada tahun 2018.

Samsung

Samsung Galaxy i7500, Samsung Galaxy Note 9

Bisa dikatakan, Galaxy adalah “Godfather” yang berhasil dibangun oleh Samsung. Ya! Kini nama tersebut begitu populer di mata para pecinta gadget. Artinya, Samsung sangat identik dengan nama Galaxy dan selama 10 tahun ini sudah banyak perubahan yang terus dilakukan.

Galaxy awal yang dikembangkan oleh Samsung datang dengan layar AMOLED berukuran 3,5 inci. Bisa dibilang, itu adalah ukuran layar flagship pada saat itu. Ada juga dukungan kamera 5 MP dan beberapa hardware yang kedengarannya menarik untuk disemtakan ke dalamnya.

Ya! Perangkat tersebut adalah Galaxy i7500 yang jadi smartphone pertama Samsung yang menjalankan sistem operasi Android. 10 tahun kemudian, jajaran Galaxy telah berkembang jadi lini smartphone Android yang terkemuka. Ya! Kini Samsung punya Galaxy Note 9.

HTC

HTC Hero, HTC U12+

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada pertengahan tahun 2009, HTC melahirkan HTC Hero. Saat itu, banyak orang yang tidak meragukan kehadiran smartphone ini, meskin belum bisa dikatakan sebagai perangkat terbaik yang datang dengan sistem operasi Android.

Punya desain yang melengkung, HTC juga sudah disokong trackball yang unik. Hal menonjol lainnya, smartphone ini juga punya lapisan anti-gores dan anti-noda miyak. Ya! Sebenarnya jadi pilihan yang sangat baik yang ditawarkan oleh HTC di tahun 2009 lalu.

Sementara memasuki awal tahun ini, HTC memang belum mengumumkan smartphone apa yang akan mereka rilis dalam waktu dekat. Portofolio terbaik yang mereka miliki saat ini adalah HTC U12+ yang diluncurkan pada pertengahan 2018 lalu.

Sony

Sony Ericsson Xperia X2, Sony Xperia XZ3

Tahun 2009 lalu Sony masih kita kenal sebagai Sony Ericsson. Satu hal yang cukup mengejutkan, saat itu mereka belum menunjukkan minatnya pada Android. Itulah sebabnya sebagian besar perangkatnya datang dengan sistem operasi milik Sony (OSE), Windows Mobile atau bahkan Symbian S60.

Nah! Pada 10 tahun yang lalu, Xperia X2 diumumkan kedatangannya dengan sistem operasi Windows Mobile. Smartphone ini punya layar berukuran 3,2 inci dan dukungan keyboard QWERTY dengan sistem slide-out. Smartphone ini juga punya dukungan kamera terbaik saat itu.

Pada tahun 2019, Sony diperkirakan akan meningkatkan permainannya dengan melahirkan banyak smartphone. Salah satu smartphone yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat adalah Xperia XZ4. Namun saat ini, Xperia XZ3 jadi perangkat unggulan yang dimiliki oleh Sony.

LG

LG enV Touch, LG V40

Salah satu ponsel terbaik yang pernah dibuat oleh LG pada sepuluh tahun lalu adalah LG enV Touch. Punya sistem slider, saat itu LG enV Touch bisa dikatakan jadi pesaing terberat bagi iPhone generasi awal. Hal menarik lainnya, ponsel ini punya dua layar berukuran 3 inci dan kamera 3 MP.

Satu dekade kemudian, LG terus melengkapi fortopolio yang dimilikinya. Ya! Kini LG memiliki LG V40, sebuah smartphone flagship yang begitu ramping. Sayangnya, LG enggan berlari kecang seperti para kompetitornya, Samsung, Apple atau pun Huawei.

Motorola

Motorola Droid, Moto Z3

Motorola yang kini berada di bawah payung Lenovo pada tahun 2009 lalu telah memperkenalkan Motorola Droid. Ya! Inilah salah satu smartphone generasi awal yang datang dengan sistem operasi Android 2.0 dan sudah disokong Google Maps.

Tak hanya itu, smartphone ini juga datang dengan sistem slider yang memiliki ergonomis sangat baik. Dari sisi antarmuka, smartphone ini pun begitu disukai banyak pengguna. Meski begitu, Motorola Droid hadir bukan tanpa kekurangan. Keyboard yang dimilikinya sangat mungil dan daya tahan bateri kurang bagus.

Satu dekade ke depan, Motorola masih percaya dengan sistem operasi mobile besutan Google. Dan perangkat terakhir yang mereka rilis adalah Moto Z3 Series yang masih mengandalkan dukungan Moto Mods sebagai nilai jual dari smartphone ini.

Baca juga

Nokia

Nokia N900, Nokia 8 Sirocco

Pada tahun 2009, Nokia pernah meluncurkan Nokia N900. Sayangnya datang dengan sistem operasi Symbian, itulah titik kelemahan dari smartphone tersebut yang dikatakan oleh banyak orang. Meski begitu secara keseluruhan, inilah smartphone klasik yang dibuat oleh pabrikan klasik.

Pada 2019, Nokia sudah berada di bawah payung HMD Global. Namun, mereka terus bergerak untuk meluncurkan lebih banyak smartphone. Kini, portofolio yang mereka andalkan adalah Nokia 8 Sirocco dan gosipnya, HMD Global akan merilis flagship yang tak kalah menarik, yakni Nokia 9 PureView.

Comments

Populer