10 Smartphone dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Tahun 2017

Kini smartphone dengan baterai jumbo jadi salah satu favorit pilihan pengguna. Pasalnya, dengan baterai berukuran besar, pengguna tak perlu lagi direpotkan dengan aktivitas pengisian ulang catu daya setiap harinya.

Namun, smartphone yang memiliki baterai berukuran besar alias jumbo biasanya akan mengorbankan sisi penampilan. Ya! Biasanya smartphone tersebut memiliki desain yang tebal. Menurut kalian apakah seperti itu?

Seperti dikutip dari pengujian yang dirilis GSMArena, mereka telah mengeluarkan daftar sepuluh smartphone dengan daya tahan baterai terbaik di tahun 2017. Ada beberapa faktor pengujian yang diambil, seperti penggunaan telepon hingga smartphone tersebut dipakai untuk nonton video.

Dalam pengujian tersebut, Mi Max 2 tercatat jadi "raja" smartphone yang memiliki daya tahan baterai terbaik. Smartphone yang diproduksi oleh Xiaomi tersebut mampu bertahan selama 126 jam dengan kapasitas baterai 5.300 mAh.

Mi Max juga memiliki kemampuan ketika diisi ulang baterainya selama 30 menit, kondisi catu daya tersebut bisa mencapai 22 persen. Tentu saja, ini sebuah keberhasilan tersendiri yang diraih oleh Xiaomi lewat smartphone tersebut.

Selanjutnya, pada posisi kedua masih ditempati oleh Xiaomi lewat perangkatnya Redmi Note 4 yang memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Total ketahanan baterai yang diuji mampu bertahan hingga 119 jam dan ketika diisi ulang dalam waktu 30 menit, baterai mencapai 25 persen.

Peringkat ketiga diduduki oleh smartphone kelas menengah buatan Samsung, yakni Galaxy A7 yang memiliki baterai berkapasitas 3.6000 mAh. Tercatat, baterai yang disematkan oleh Samsung ke dalam smartphone tersebut mampu bertahan hingga 115 jam.

Perangkat Samsung lainnya yang juga memiliki daya tahan bateri terbaik adalah Galaxy S8 Active. Berada diposisi keempat dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, smartphone ini mampu bertahan hingga 111 jam. Diisi ulang selama 30 menit, kondisi baterainya mencapai 34 persen.

Posisi kelima diduduki oleh Sony Xperia XZ1 Compact dan posisi keenam diduduki oleh Samsung Galaxy J7 (2017). Xperia XZ1 Compact tercatat memiliki baterai berkapasitas 2.700 mAh dan mampu bertahan hingga 108 jam. Hasil tersebut sama dengan yang diraih oleh Galaxy J7 (2017)

Lantas, meskipun memiliki hasil penilaian daya tahan baterai yang sama, mengapa GSMArena menempatkan smartphone buatan Samsung tersebut di posisi keenam? Jawabannya adalah karena baterai yang ada pada Galaxy J7 (2017) kapasitasnya lebih besar, yakni 3.430 mAh.

Lagi dan lagi, Samsung harus mengakui keunggulan Sony. Ya! Diperingkat ketujuh tercatat, GSMArena menempatkan Sony Xperia XA1 Plus yang memiliki baterai berkapasitas 3.430 mAh. Sedangkan Galaxy J5 (2017) dengan baterai 3.000 mAh harus puas berada di posisi kedelapan.

Saat diuji, baterai Sony Xperia XA1 Plus mampu bertahan hingga 102 jam. Sedangkan baterai yang tersemat utuh di dalam tubuh Galaxy J5 (2017) hanya mampu bertahan kurang dari 100 jam, atau tepatnya hanya 97 jam.

Lalu, siapa yang menduduki posisi kesembilan dan juru kunci. Untuk posisi kesembilan diduduki oleh Huawei Mate 10 yang memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh, namun hanya memiliki daya tahan hingga 96 jam.

Sedangkan OPPO F5 yang belum lama ini baru diperkenalkan di pasar Filipina dan Indonesia harus puas berada di posisi juru kunci. Memiliki baterai berkapasitas 3.200 mAh, tercatat OPPO F5  hanya mampu bertahan hingga 91 jam.

Dari daftar ini terlihat bahwa smartphone buatan Xiaomi dan Samsung memiliki daya tahan baterai yang tinggi. Sementara itu, Sony mampu memaksimalkan efisiensi konsumsi baterainya. Nah, apakah smartphone kalian masuk daftar ini?

Peringkat 1 sampai 5 baterai 2017

Peringkat 6 sampe 10 baterai 2017

 

(last edit: 4 December, 2017 / 8:32 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
85%
Mau
0%
Biasa Aja
3%
Payah!
12%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.