10 Juta Android Tercemar Malware HummingBad, Anda Salah Satunya?

Now Reading
10 Juta Android Tercemar Malware HummingBad, Anda Salah Satunya?

Sebagai sistem operasi open source yang sangat terbuka, tak heran apabila Android sering menjadi sasaran empuk bagi para pembuat virus dan malware. Sebuah laporan dari perusahaan keamanan Checkpoint and Lookout mengatakan ada sepuluh juta smartphone Android yang terinfeksi malware HummingBad.

Malware ini bekerja dengan meng-install dirinya sendiri ke dalam sistem operasi sehingga sulit untuk bisa dideteksi. Setelah ter-install, malware ini dapat mempelajari kebiasaan browsing pengguna smartphone. Malware ini juga bisa menghasilkan klik palsu untuk keperluan iklan online sehingga si pembuatnya bisa mendapat keuntungan.

Masih berdasarkan data dari Checkpoint and Lookout, malware HummingBad paling banyak menginfeksi smartphone Android di empat negara Asia, yaitu Cina, India, Indonesia, dan Filipina. Malware ini lebih banyak menyerang smartphone lawas yang masih menggunakan OS Android versi lama.

Untuk mencegahnya, Google pun merilis security update untuk Android di bulan Juli ini. Selain itu, untuk mencgegah masuknya malware ke dalam smartphone, disarankan untuk selalu meng-update sistem operasi ke versi yang terbaru yang memiliki proteksi lebih baik dari versi-versi sebelumnya.

Lihat Juga Review
  •  
    Review ASUS ROG GL553VW
  •  
    Review OnePlus 3T
  •  
    Review ASUS Transformer Pro 3
  •  
    Review Acer E5-553G
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
63%
Mau
15%
Biasa Aja
18%
Payah!
5%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan Huawei P9. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
1 Comments
Leave a response
  • Alif Ramadhan
    July 11, 2016 at 12:24 am

    min kenapa sih sekarang blackberry jabatanya turun. perasaan dulu blackberry termasuk hp mahal

Leave a Response