10 Aplikasi Android Gratis Terbaik Tahun 2014

Tahun 2014 sudah hampir selesai. Ada ribuan aplikasi yang hadir di Google Play Store selama kurun waktu satu tahun ini. Ada aplikasi berbayar, ada pula aplikasi yang bisa didapat secara cuma-cuma. Berikut adalah sepuluh aplikasi Android gratis terbaik versi DroidLime.

LokLok

Loklok adalah aplikasi lockscreen yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat Anda, seperti teman, kekasih, atau saudara. Caranya yakni dengan membuat gambar atau tulisan sendiri dan menjadikannya sebagai lockscreen.

Install aplikasi ini, lalu undang orang-orang yang Anda kehendaki untuk bergabung di dalam grup. Setelahnya, apa pun yang Anda gambar dan Anda jadikan lockscreen, maka gambar tersebut otomatis akan muncul dan aktif sebagai lockscreen smartphone orang-orang yang ada di dalam grup yang Anda buat.

Inbox

Inbox adalah aplikasi push email yang diciptakan oleh Google. Sebenarnya, fungsi Inbox tidak berbeda jauh dari aplikasi Gmail. Hanya saja, Inbox menawarkan tampilan interface yang lebih segar dan berwarna. Setiap email yang masuk akan disortir dan dikelompokkan secara otomatis, seperti email media sosial atau email promosi atau iklan.

Messenger

Messenger adalah aplikasi untuk chat yang terintegrasi dengan Facebook. Aplikasi ini pun dibuat oleh Facebook dengan alasan untuk memberikan pengalaman chat terbaik bagi para pengguna Facebook. Messenger memiliki tampilan interface yang menarik dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga memiliki banyak emoticon dan animasi menarik yang bisa membuat obrolan Anda semakin berwarna.

Tinder

Tinder termasuk ke dalam kategori aplikasi media sosial. Namun tak seperti Facebook atau Path, Tinder bersifat lebih personal. Pasalnya, aplikasi ini dirancang untuk Anda yang ingin mencari pasangan.

Cara menggunakannya pun mudah. Anda akan disajikan foto para pengguna Tinder, lalu pilih yang mana yang Anda sukai. Jika orang tersebut juga melakukan hal yang sama (memilih foto Anda), maka Anda bisa melanjutkan komunikasi ke tahap selanjutnya.

Feedly

Feedly adalah aplikasi yang tepat untuk mencari berbagai sumber informasi. Aplikasi ini bisa menyajikan beragam berita dari berbagai sumber berbasis RSS feed. Anda juga bisa menambahkan website berita favorit Anda yang sudah mendukung RSS feed. Dengan begitu, Anda bisa membaca berbagai artikel dengan lebih nyaman, mudah, dan tentunya lebih hemat bandwith Internet.

Lapse It

Hanya sedikit smartphone Android yang memiliki kamera dengan kemampuan merekam video time-lapse. Namun hal tersebut kini tak lagi menjadi masalah. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat video time-lapse dengan mudah. Anda bisa mengatur sendiri jumlah gambar yang ditangkap setiap detiknya.

Selain video time-lapse, aplikasi ini juga bisa menghasilkan video stop motion. Agar hasilnya lebih optimal, Lapse It menyediakan banyak pengaturan dan efek video. Sayangnya, dalam versi gratisnya, Lapse It hanya bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 480p saja.

Google Camera

Setiap smartphone Android pasti sudah dilengkapi dengan aplikasi kamera bawaannya. Namun jika ingin merasakan interface kamera dengan lebih mudah, sederhana, namun tetap lengkap, Google Camera adalah pilihannya. Aplikasi ini juga menyediakan mode foto yang tak dimiliki aplikasi lainnya, yaitu Photo Sphere dan Lens Blur.

Photo Sphere bisa Anda gunakan untuk menghasilkan foto di area sempit dengan sudut yang luas karena foto diambil beberapa kali dari sudut yang berbeda-beda. Sementara Lens Blur berguna untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang optimal layaknya menggunakan lensa fix pada kamera SLR.

HTC Zoe

Ini adalah aplikasi eksklusif yang awalnya hanya ada pada smartphone flagship HTC. Kini, HTC Zoe dapat di-download dan di-install secara gratis untuk smartphone tertentu melalui Google Play Store. HTC Zoe berguna untuk membuat klip video dari beberapa foto atau video yang ada di dalam galeri foto.

HTC Zoe dilengkapi dengan  tujuh pilihan template (theme) video menarik yang bisa mewakili tema setiap foto atau video yang kita miliki. Tak ketinggalan, klip yang dibuat nantinya juga bisa ditambahkan dengan latar belakang musik yang juga sudah disediakan. Aplikasi ini juga mendukung fitur share untuk berbagi video melalui media sosial.

Sketchbook Express

Kami jamin Anda akan menyukai aplikasi ini, terlebih bagi Anda yang hobi menggambar. Sketchbook Express adalah aplikasi ciptaan Autodesk. Dengan aplikasi ini, menggambar di atas layar smartphone menjadi lebih menyenangkan. Sketchbook Express menyediakan banyak pilihan brush, seperti pulpen atau pensil dengan tingkat opacity dan ketebalan yang bisa diatur.

Sketchbook Express juga menyediakan pilihan warna yang lengkap layaknya aplikasi Adobe Photoshop di PC. Jika smartphone yang Anda gunakan memiliki spesifikasi menengah ke atas, aplikasi ini bisa memberikan pengalaman menggambar optimal karena mampu menyajikan responsivitas yang sangat baik.

Onefootball - Pure Soccer!

Aplikasi wajib bagi setiap penggila sepak bola. Onefootball bisa menjadi solusi lengkap bagi Anda yang tak ingin ketinggalan berita terbaru seputar dunia sepak bola, mulai dari jadwal dan hasil pertandingan, bursa transfer, hingga gosip yang terjadi di lapangan hijau.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memilih klub dan negara favorit sehingga Anda akan selalu mengetahui berita terbaru dari tim kesayangan Anda.

(last edit: 11 July, 2015 / 2:32 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
33%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.