Mulai 1 September, Google Chrome akan Lebih Irit Baterai

Google secara resmi telah mengumumkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 September 2015, Google akan mengubah sedikit konfigurasi default pada Chrome versi desktop dan mobile. Konfigurasi baru ini akan membuat iklan autoplay yang berbasis Adobe Flash dinonaktifkan pada Google Chrome.

Sebelumnya, Google sudah sempat memberitahukan hal ini pada bulan Juni 2015 lalu. Dengan memberitahukan hal ini tiga bulan sebelumnya, Google berharap para penerbit dan pembuat iklan dapat beralih dari iklan yang berbasis Adobe Flash menjadi HTML5.

Keputusan ini mungkin bukanlah menjadi berita yang baik untuk para pembuat dan penerbit iklan. Namun Google mengatakan bahwa hal ini harus dilakukan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna setia browser Chrome. Pasalnya, iklan berbasis Adobe Flash dianggap mengganggu kenyamanan pengguna saat browsing.

Tak hanya meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pengguna Google Chrome, secara tidak langsung peraturan ini juga dapat membuat daya tahan baterai pada perangkat mobile menjadi lebih irit. Semoga saja Google dapat terus mengoptimalkan performa untuk browser buatannya tersebut. Pasalnya, Google Chrome merupakan salah satu browser yang "rakus" sumber daya RAM dan CPU.

(last edit: 31 August, 2015 / 8:27 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
0%
Biasa Aja
17%
Payah!
17%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.